3 Tips Cara Memasang GPS Motor Matic, Motor Bebek

Memasang GPS motor tidaklah sembarangan. Apalagi, jika bro n sis berniat untuk memasangnya sendiri. dibutuhkan sejumlah cara pasang GPS motor untuk melakukan hal tersebut. Untungnya, artikel ini punya sejumlah cara memasang GPS motor.

cara pasang gps motor

Namun, sebelum membahas hal itu, mari kita berkenalan dulu dengan jenis-jenis GPS motor di bawah ini!

Jenis-Jenis GPS Motor

Seperti halnya GPS mobil, GPS motor juga terdiri atas dua jenis. GPS navigasi dan GPS tracker adalah dua jenis itu. Kedua jenis itu masing-masing punya kelebihan dan ciri khasnya masing-masing. Untuk detail bahasannya, bisa bro n sis simak sebagai berikut!

  • GPS Navigasi

Sesuai namanya, ini merupakan jenis GPS motor yang berfungsi sebagai navigator. Ciri khas navigasi ini adalah peta digital yang muncul untuk ngasih tahu keberadaan motor bro n sis. Untuk bisa memaksimalkannya, bro n sis tinggal masukan alamat atau lokasi yang hendak dituju ke peta digital GPS.

Di beberapa produknya, GPS navigasi sudah dilengkapi dengan fitur suara. Fitur ini bisa membantu bro n sis untuk menentukan arah mana yang harus diambil. Dengan begitu, bro n sis bisa tahu mau berangkat ke arah mana tanpa harus melihat layar GPS dulu.

Kalau mau GPS navigasi yang sudah pakai fitur suara, kami sarankan untuk beli produk GPS navigasi lokal. Hal itu dilakukan agar bro n sis bisa dapatkan GPS navigasi yang fitur suaranya sudah memakai bahasa Indonesia

  • GPS Tracker

Ini adalah jenis GPS motor yang fungsi utamanya adalah untuk mengamankan motor. Kekuatan utama jenis GPS ini adalah sinyalnya yang berbasis jaringan GSM atau GPRS. Tak hanya untuk mengamankan motor, jenis GPS ini juga bisa dipakai untuk sejumlah hal.

Dua di antaranya adalah menyadap suara, serta mematikan mesin motor dari jarak yang jauh. Dua kelebihan itu tak lepas dari adanya fitur sadap suara, dan juga sistem GPS yang diakses dengan SMS.

Untuk bisa mematikan mesin motor lewat GPS, bro n sis harus mengirim SMS dari ponsel pintar bro n sis. Nantinya, GPS akan merespon SMS tersebut, dan langsung mematikan mesin motor bro n sis. Sungguh canggih, bukan?

Cara Memasang GPS Motor

Kini kita langsung ke inti bahasan. Secara keseluruhan, cara memasang GPS motor tidaklah jauh berbeda dengan cara memasang GPS di mobil. Adapun sejumlah cara memasang GPS motor sendiri adalah:

  1. Pastikan GPS Sudah Terpasang Kartu SIM

Keberadaan kartu SIM sangat krusial bagi GPS motor. Tanpanya, GPS tidak akan memiliki sinyal. Sehingga tidak bisa membantu bro n sis untuk melacak motor bro n sis. Untuk itu, memastikan kartu SIM terpasang di GPS adalah cara pertama yang harus dilakukan.

Sebagai rekomendasi, pilihlah kartu SIM jenis GSM. Jenis kartu SIM itu merupakan jenis kartu yang sinyalnya cukup kuat. Bila nanti bro n sis pasang kartu SIM, pastikan kartunya telah berbunyi suara klik. Suara tersebut menandakan kalau kartu SIM bro n sis sudah terpasang dengan baik di GPS.

  1. Pasanglah GPS Di Tempat Yang Strategis

Bila kartu SIM udah kepasang, bro n sis harus langsung pasang GPS-nya ke motor. Pasanglah GPS di bagian motor yang strategis. Adapun bagian yang paling kami rekomendasikan adalah dashboard motor. Di sana, sinyal GPS akan memancar dengan kuat, serta akan sulit dilacak oleh maling. Itu pun dengan catatan bro n sis harus mampu menyamarkan keberadaan GPS-nya.

Selain tempat, posisi GPS juga patut diperhatikan. Pastikan untuk memasang GPS dengan posisi agak miring dan menghadap ke bawah. Dengan posisi itu, GPS akan bisa menghasilkan sinyal yang kuat. Supaya GPS bisa terpasang dengan kokoh di posisi yang kami sarankan, bro n sis bisa menempeli GPS dengan perekat yang kuat dan berwarna gelap. Dipilihnya perekat berwarna gelap agar GPS bisa tersamarkan keberadaannya.

  1. Pasanglah Antena GPS Di Tempat Yang Tepat

Selain GPS, antena pada GPS juga mesti dipasang di tempat yang tepat. ini tentu agar antena bisa bantu GPS untuk hasilkan sinyal yang kuat. Tempat yang tepat untuk simpan antena GPS sendiri adalah di jok motor yang nggak jauh dari aki motor.

Pastikan agar jok motor minum dari unsur logam. Terlalu banyak unsur logam bisa bikin antena GPS kesulitan untuk mendapatkan sinyal.

Kelebihan GPS Motor

Bisa bro n sis sudah bisa memasang GPS motor, maka bro n sis bakal mendapatkan sejumlah kelebihan dari GPS motor. Kelebihan-kelebihan yang dimaksud adalah:

  • Lebih mudah dan ringkas digunakan dibanding peta konvensional.
  • Bisa melacak lokasi kendaraan dengan cepat dan mudah.
  • Bisa meningkatkan keamanan dan kenyamanan motor bro n sis.

Tips Memilih GPS Motor

Sebelum artikel ini ditutup, kami bakal ngasih bro n sis tips gimana milih GPS motor yang tepat. Siapa tahu, nanti bro n sis butuh kala mau beli GPS motor. Tips-tips tersebut adalah:

  1. Pilihlah GPS Yang Fiturnya Lengkap

Di antara semua tipe GPS yang ada, kami sarankan untuk memilih GPS motor yang fiturnya lengkap. Memiliki GPS berfitur lengkap bisa membantu bro n sis untuk sejumlah hal. Mulai dari melacak keberadaan motor, mematikan mesin motor dari jarak jauh, serta membatasi kecepatan motor.

  1. Pilihlah GPS Motor Yang Sudah Memiliki Server Sendiri

Selain berfitur lengkap, pilih juga GPS yang sudah memiliki servernya sendiri. GPS yang memiliki server sendiri memiliki kuota lebih baik, serta rajin memperbarui servernya sendiri. ini tentu bakal ngasih keuntungan tersendiri buat bro n sis.

  1. Belilah GPS Motor Yang Prosesornya Berkualitas

Seperti halnya memebli laptop, bro n sis juga harus perhatikan prosesor yang dimiliki oleh GPS. Untuk masalah itu, pilihlah GPS yang prosesornya berkualitas. Ciri-ciri GPS yang prosesornya berkualitas adalah tidak gampang nge-hang saat GPS digunakan.

Ada beberapa alasan mengapa bro n sis harus pilih GPS dengan prosesor berkualitas. Salah satunya adalah memudahkan bro n sis untuk menemukan dan memilih jalur yang hendak dituju.

  1. Kalau Bisa, Belilah GPS Motor Yang Memiliki Fitur Real Time

Meski bukan fitur utama, namun fitur real time bisa menjadi faktor penting untuk membeli sebuah GPS. Kalau bro n sis nemu GPS motor yang punya fitur real time, mohon untuk segera membeli GPS tersebut.

Fitur real time bisa bantu bro n sis untuk melacak lokasi motor bro n sis saat itu juga. Fitur ini juga bisa ngasih bro n sis histori penggunaan kendaraan secara akurat dan bisa diakses dengan mudah. Entah itu lewat PC maupun lewat ponsel pintar bro n sis.

  1. Pastikan GPS Motor Yang Dibeli Mampu Menangkap SInyal Satelit

Sinyal satelit amat penting bagi GPS motor. Dengannya, GPS motor bisa mengirimkan informasi yang nantinya bakal diterima pemilik motor. Untuk itulah, pastikan GPS motor yang bro n sis beli mampu menangkap sinyal satelit dengan baik. Semakin baik menangkap sinyal satelit, maka GPS akan semakin mudah mengirimkan informasi penting kepada bro n sis.

Untuk bisa mendapatkan GPS seperti itu, bro n sis bisa minta rekomendasi dari teman atau orang-orang yang paham soal GPS. Kalau tidak, bro n sis bisa baca artikel atau video ulasan soal GPS yang banyak beredar di internet.

  1. Pastikan GPS Yang Bro n Sis Memiliki Service Center

Ini adalah tips terakhir yang harus banget bro n sis terapkan. Kehadiran service center sendiri penting bagi bro n sis dan GPS yang bro n sis beli. Dengannya, bro n sis bisa membawa GPS untuk dipebaiki bila sekiranya ada hal-hal yang tidak diinginkan. Semisal GPS susah menangkap sinyal satelit, atau GPS-nya rusak akibat terjatuh atau dirusak orang lain.

Pastikan service center GPS motor bro n sis mudah dihubungi. Dengan begitu, bro n sis bisa menghubungi mereka kapan saja bila betul-betul membutuhkan.

Sekian informasi soal cara memasang GPS motor dan informasi-informasi lainnya. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa lagi di artikel berikutnya!

Bila ada saran dan pertanyaan, jangan ragu untuk mengemukakannya via kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

All Right & Reserved 2018 - 2020 GlobalTrackindo.com | GPS Tracking System Indonesia | Privacy and Policy